Menguak Fitur Microsoft Word
6 FITUR AJAIB MICROSOFT WORD
Berikut adalah 6 Fitur Microsoft Word 2019 yang meng-efektif-kan pekerjaan kita.1. Tabel Of Content
Tabel of Content merupakan fitur yang berfungsi membuat daftar isi. Pembuatan Daftar isi ini membutuhkan fitur Style yang merupakan fitur yang memberikan tipe dari sebuah kalimat. Ketika sebuah kata diubah dalam sebuah "bab penelitian" maka dalam daftar isi juga dapat otomatis berubah. Selain itu, pengguna juga dapat loncat ke halaman yang diinginkan dengan menggunakan fitur Tabel of Content.Tabel of Content berada pada Tab References > Sub tab Tabel of Content (perhatikan panah biru).
![]() |
Gambar 1. Letak Tabel of Content |
Berikut adalah langkah - langkah menggunakan fitur ini :
b. Gunakan fitur Tabel of Content dan pilih tipe Daftar Isinya.
c. Daftar isi akan tertera dan dapat diatur sedemikian rupa.
![]() |
Gambar 2. Contoh Daftar Isi
|
![]() |
Gambar 3. Pengaturan Daftar Isi |
2. Mail Merge
Mail Merge adalah fitur yang berguna untuk pembuatan surat yang ditujukan untuk banyak orang dengan berbagai tipe surat, yaitu surat undangan, elektronik, label, amplop, dan direktori.
Mail Merge berada pada Tab Mailings > Sub tab Start Mail Merge.
![]() |
Gambar 4. Letak Mail Merge |
Berikut adalah langkah - langkah menggunakan fitur Mail Merge :
a. Pilih tipe surat yang akan digunakan.
b. Pilih dokumen (word) yang akan digunakan.
c. Pilih daftar penerima surat. Jika belum ada bisa dibuat daftarnya terlebih dahulu dengan memilih "Type a new list" dan "Create" (Gambar 5).
d. Akan muncul Address List (Gambar 5).
![]() |
Gambar 5. Step C dan D |
e. Akan muncul Mail Merge Recipients. Klik "Ok".
![]() |
Gambar 6. Mail Merge Recipients |
f. Sisipkan Merge Field pada dokumen. (<<Title>>, <<City>>, dll)
![]() |
Gambar 7. Contoh Merge Field |
g. Tinjau dokumen penerima.
h. Klik Complete the Merge dan akan terlihat berlembar surat penerima.
![]() |
Gambar 8. Contoh surat penerima. |
3. Drop Cap
Drop Cap adalah huruf capital besar yang berfungsi sebagai dekorasi di awal paragraf atau bagian. Ukuran Drop Cap biasanya 2 - 3 baris.
Drop Cap terletak pada Tab Insert > Sub tab Text.
![]() |
Gambar 9. Letak Drop Cap |
Berikut adalah langkah - langkah untuk menggunakan fitur Drop Cap :
a. Blok huruf atau bagian awal dari paragraf.
b. Aturlah posisi (Dropped/In Margin) Drop Cap, jenis font, jarak dengan teks, dan ukuran (baris).
![]() |
Gambar 10. Pengaturan Drop Cap |
c. Klik "Ok".
![]() |
Gambar 11. Contoh kalimat dengan Dop Cap |
4. Hyperlink
Hyperlink adalah teks yang dapat menuntun kita pada URL/lokasi tertentu. Hal yang dapat dituju pada hyperlink adalah URL Browser, membuka file, folder tertentu di komputer, dokumen, dan pesan email baru.
Hyperlink terletak pada Tab Insert > Sub tab Links.
![]() |
Gambar 12. Letak Hyperlink |
Hal pertama yang harus diketahui adalah memahami pengaturan Hyperlink yang ada.
![]() |
Gambar 13. Pengaturan Hyperlink |
Berikut adalah cara - cara menggunakan Hyperlink :
a. Tulis URL web dan tekan space atau enter. Contoh URL : www.blogger.com.
b. Klik Hyperlink > Exiting File or Web Page > Current Folder (membuka folder)/Browsed Pages (membuka URL web)/Recent File (membuka file).
c. Klik Hyperlink > Place in This Document (bagian tertentu pada dokumen).
d. Klik Hyperlink > Create New Document (membuat dokumen baru).
e. Klik Hyperlink > E-mail Address (membuat surat elektronik/e-mail).
![]() |
Gambar 14. Contoh Hyperlink |
Cara untuk menuju Link yang sudah ada dengan menekan tombol CTRL sambal men-Klik Kiri dari mouse atau pad.
5. Auto Text
Auto Text adalah fitur untuk membuat, mnyimpan, dan menggunakan bagian atau konten. Fitur ini bertujuan agar pengguna tidak perlu menuliskan kembali hal yang sama. Fitur ini dapat menyimpan gambar ataupun teks.
Auto Text terletak pada Tab Insert > Sub tab Text > Quick Part.
![]() |
Gambar 15. Letak Quick Part |
Berikut adalah cara untuk menggunakan Auto Text.
a. Menggunakan Auto Text yang sudah ada pada Auto text > General.
![]() |
Gambar 16. General Auto Text |
b. Membuat baru dengan terlebih dahulu mem-blok teks atau meng-klik gambar lalu pada Auto Text > Save Selection to Auto Text Galery.
![]() |
Gambar 17. Selection Text and Save Selection to Auto Text Galery |
6. Equation
Equation adalah fitur untuk menambahkan persamaan atau tanda matematik. Bisa juga digunakan untuk menuliskan rumus - rumus matematika.
Equation terletak pada Tab Insert > Sub tab Symbols.
![]() |
Gambar 18. Letak Equation |
Berikut adalah cara - cara menggunakan Equation.
a. Menggunakan template rumus yang sudah ada > Built-In
![]() |
Gambar 19. Built-In Equation |
b. Menulis rumus dengan manual > Insert New Equation
![]() |
Gambar 20. New Equation |
c. Mencari rumus yang lain > More Equations from Office.com
![]() |
Gambar 21. More Equation |
d. Menggambar rumus > Ink Equation
![]() |
Gambar 22. Ink Equation |
Terima kasih.
Komentar
Posting Komentar